WELCOME GUYS,


*) Selamat Datang di blogku, Suatu blog interaktif yang komunikatif, dan anak muda banget lochh. Disini Kamu bisa Sharing tentang topik yang akan dibahas pada forum ini. Tentunya dengan harapan kita bisa mengeratkan persahabatan. Karena yang namanya sahabat, tidak kenal jarak, wujud, usia, sifat, status, fisik, dan lain-lain. (*

MENULIS JUGA ADA SENINYA

Bagi sebagian orang, menulis itu emang pekerjaan yang paling sulit dilakukan, termasuk saya yang juga merasakan betapa sulitnya menuangkan apa yang ada dikepala, merangkai kata demi kata, baik itu khayalan maupun fakta, untuk menjadi sebuah tulisan yang indah dan dimengerti orang banyak.
Pengalamanku dari kecil sejak dibangku SD, memang gemes kalo yang namanya menulis, atau mengarang bebas kata guruku.
"Kuncinya, tuangkan saja apa yang ada dibenakmu, tentang bagaimana rangkaian katanya, jangan dipikirkan, yang penting kita sebagai pembuat harus paham tujuan ataupun akhir dari apa yang akan kita tulis", begitulah kira-kira kata Guruku.
Namun, atas dasar pesimis akan yang dinamakan Bakat membuat kita cenderung mundur sebelum berperang. Padahal, jika kita berani untuk memulainya tanpa takut tulisan kita amburadul, kata orang berbelit-belit, atau bahkan jangan takut untuk diketawakan orang. Nah, jika penilaian-penilaian tentang tulisan kita sungguh terjadi yang seperti disebutkan diatas, jangan berkecil hati. Anggap saja mereka hanya sekedar Guyon, sekaligus memotivasi diri kita untuk berbenah.
Makanya, kita harus bisa positive thinking terhadap apa yang terjadi disekeliling kita.
Mulanya saya juga menemukan keruwetan ketika akan merangkai kata, apalagi ketika mendapatkan soal ujian yang bunyinya ”Jelaskan, bla bla bla”. Wah, mood serta merta hilang dech. Membayangkan apa yang bakal saya tulis dikertas jawaban, mengkhayal nilai dibawah standart yang akan jadi pelingkar pulpen merah pada lembar kertas jawaban saya. Al hasil, nyontek dech (Ups, jangan ditiru, itu dulu).
Dibangku SMA saya baru menyadari semuanya, bahwa setiap manusia mempunyai semua bakat yang ada. Hanya, tergantung pada personal kepribadian yang lebih ditonjolkan.
Terlebih ketika salah satu sahabatku, telah membuktikan semua itu. Misalnya, disaat teman yang lain merasa putus asa dalam mengerjakan tugas mengarang, ia tetap dengan gigih mendalami ilmunya pada apa yang tidak bisa ia kerjakan. Dengan enteng-nya ia menyebutkan ”Penasaran”.
Sesuatu yang berlandaskan dasar penasaran, akan semakin termotivasi untuk mencapainya. ”Orang lain saja bisa, masa’ kita belum apa-apa saja sudah nyerah.” Ujarnya.
Dari motivasi dirinyalah, saya menyemangati diri saya sendiri, dengan sedikit mengutip kata-kata yang ia ucapkan namun didaur ulang, ”Dia saja bisa, saya harus lebih bisa dari dia”.
Hingga sekarang, apapun yang dilakukan, itu saja yang dipikirkan, ingin menjadi yang lebih baik dari yang baik. Daya upaya yang dilakukan, dengan banyak membaca buku, artikel, majalah, atau bahkan crayon sinchan dan lain-lain.
Tulisan ini bukan tips, hanya sebatas pengalaman diri yang ingin dipublikasikan. Dari pengalamanku, antara lain :
• Memulai menulis tentunya dengan senyum
• Pastikan tujuan atau Ending dari tulisanmu.
• Tuangkan saja topik apa yang menjadi uneg-uneg-mu (sejenis Curhat).
• Terkadang titik sulit yang didapat ketika hendak memulai awal kata pada coretan pena atau yang zaman sekarang lebih dikenal coretan petikan keyboard, jangan khawatir. Mulailah pada intinya dulu. Jika sudah tertuang, otomatis akan menginspirasi awalan kata pada kalimat pertama.
• Biasakan untuk banyak membaca referensi-referensi yang ada. Manfaatkan Internetmu! Disana sudah menjadi gudang ilmu terbesar Dunia.
• Beranikan diri mengajak Ayah, ibu, kakak, adik, atau orang-orang terdekat untuk membaca dan mengkritik tulisanmu.
Nah, mudahkan jika kita ada kemauan?? Karena kemauan diri untuk berkembang, merupakan modal utama untuk berhasil. Jangan ragu untuk menulis. Aapun hasilnya, tuangkan saja. Jika ditertawakan, anggap remidial negatif yang dapat membangun kita dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Artikel | About Me

Copyright © 2009 e-nati.blogspot.com |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net | Reviewed by Blogger Templates

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.